Skip to content

ciri evaluasi belajar

Juli 28, 2010

a. Ciri-ciri Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar merupakan suatu kegiatan yang memiliki ciri-ciri khas dari kegiatan yang lain. Di antara ciri-ciri khas yang dimiliki evaluasi hasil belajar yaitu:
a. Evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka mengukur keberhasilan peserta didik itu, pengukurannya dilakukan secara tidak langsung. Misalnya, jika seorang dosen/guru ingin mengetahui manakah di antara peserta didiknya yang tergolong pandai, maka yang diukur bukan pandainya tetapi indikator atau hal-hal yang merupakan pertanda bahwa seseorang dapat disebut sebagai orang yang pandai.
b.Pengukuran dalam rangka menilai keberhasilan belajar peserta didik pada umumnya menggunakan ukuran-ukuran yang yang bersifat kuantitatifatau lebih sering menggunakan simbol-simbol angka.Hasil-hasil pengukuran yang berupa angka-angka itu selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode statistik lalu diinterpretasi kualitatif.
c. Pada kegiatan evaluasi hasil belajar pada umumnya digunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap.
d. Prestasi yang dicapai oleh peserta didik dari waktu ke waktu bersifat relatif.Misalnya, Seorang mahasiswa pada saat mengikuti MID semester nilainya 80, pada ujian akhir mendapat nilai 60, dan penugasan terstruktur mendapat nilai 50. Ketidaksamaan nilai tesebut disebabkan karena yang diukur pada hasil evaluasi bukanlah benda mati melainkan mahluk hidup yang sewaktu-waktu bisa beruba karena keadaan, ruang dan waktu.
e. Dalam kegiatan evaluasi hasil belajar, sulit untuk dihindari terjadinya kekeliruan pengukuran (error). Menurut J.P.Gillford yang dikutif Anas Sudijono menyebutkan sumber-sumber kekeliruan pengukuran (error) yaitu; 1) kekeliruan pengukuran yang bersumber dari kekeliruan sampling. 2) kekeliruan pengukuran yang bersumber dari kekeliruan skoring.3) kekeliruan pengukuran yang bersumber dari kekeliruan rangking. 4) kekeliruan pengukuran yang bersumber dari kekeliruan quessing.
Jika dicermati ciri-ciri evaluasi hasil belajar tersebut, maka alat ukurlah merupakan faktor penentu tercapainya evaluasi hasil belajar.

About these ads
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: